Setelah melakukan persiapan selama berbulan-bulan akhirnya Program Studi Agroteknologi STIPER Berau meraih predikat akreditasi B. Dengan melalui beberapa tahapan akhirnya pada tanggal 4-6 Februari 2019 dilakukan assesment lapangan di kampus STIPER Berau dengan melibatkan semua civitas akademika. Dan akhirnya dikeluarkan keputusan BAN-PT No. 231/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2019, Program Studi Agroteknologi, pada Program Sarjana Sekolah Tinggi Pertanian Berau terakreditasi dengan peringkat Terakreditasi B.

Akreditasi sendiri menjadi tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur oleh UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Dengan akreditasi ini, menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga  independen yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu. Klasifikasi program studi atau perguruan tinggi ini akan dibagi kedalam beberapa nilai, yaitu: C, B, tau A. Dengan nilai A sebagai patokan standar jaminan mutu tertinggi, dan nilai ini akan menjadi asset penting bagi perguruan tinggi atau program studi. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Masih ada satu program studi lagi yaitu Agribisnis yang sedang proses akreditasi oleh BAN-PT. Harapan semua Civitas Akademika  Akreditasi STIPER BERAU predikat akreditasinya akan meningkat dan membantu memberikan motivasi dalam peningkatkan kualitas  pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dan akreditasi ini sebagai awal dalam meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi sesuai standar nasional di  Kabupaten Berau.

pleatihan topma agroteknologi

 

 

 

Categories: Berita